Friday 3 August 2018

Flashcard Hijaiyah Alif

Assalamu'alaikum...

Hari ini postingan pertama flashcard Hijaiyah Alif dengan fathah atau dibaca "a". Sebelumnya saya cerita dulu kenapa saya membuat flashcard atau kartu hijaiyah ini. Sebenarnya saya terinspirasi dari Ustadzah Sarmini ketika saya mengikuti pelatihan Balita Khatam Quran yang saya ikuti kurang lebih setahun yang lalu.

Diawal pelatihan kami peserta pelatihan diberi kertas A4 kosong dibagi dua lalu  beliau menyuruh kami membuat huruf-huruf hijaiyah dengan harokat fathah lalu diberi bingkai atau frame dipinggirannya, diberi warna dengan spidol agar menarik. Mengapa hijaiyah berharokat fathah terlebih dahulu? Karena menurutnya di Quran lebih banyak huruf-huruf berharokat daripada huruf asli. Nah agar anak-anak lebih mudah menghapal dan membaca huruf hijaiyah, maka mengenalkan  huruf berharokat fathah didahulukan daripada huruf aslinya sendiri. Huruf asli bisa diberi tahu kemudian jika menemukan di Quran katanya.

1 comment:

  1. Assalamualaikum kak. Boleh izin download flashcardsnya? 😁

    ReplyDelete